Alumni

Pelacakan studi (tracer study) terhadap alumni dan lulusan Program Studi Pendidikan Dokter FK UNAIR merupakan usaha yang efektif dan efisien untuk dilakukan. Dengan instrumen yang disebarkan ke pengguna lulusan atau alumni, Program Studi Pendidikan Dokter dapat mengetahui informasi alumni dan lulusan yang tersebar di kalangan masyarakat, instansi atau perusahaan yang telah menerimanya bekerja.

Lulusan dokter FK UNAIR dapat diterima dengan baik di lingkungan kerja terbukti dari hasil tracer pengguna lulusan yang menunjukkan penilaian baik dari seluruh aspek kemampuan (69,43%). Urutan aspek kemampuan yang mendapat penilaian tertinggi adalah aspek kepribadian. Selanjutnya, diperlukan upaya tambahan baik melalui kurikulum maupun kegiatan ekstrakurikuler untuk lebih meningkatkan lagi kemampuan lulusan dalam berbagai bidang kemampuan. Hasil tracer study yang ditampilkan merupakan hasil tracer study mulai bulan Januari 2014 hingga Agustus 2015, dengan jumlah sampel 409 lulusan. (sumber LED Prodi Pendidikan Dokter 2016).

Setelah dilakukan tracer study maka dilakukan tindak lanjut dari hasil kegiatan dalam hal :
(1) Perbaikan proses pembelajaran, dipergunakan untuk melakukan evaluasi terhadap kurikulum berjalan
(2) Penggalangan dana kegiatan, penggalangan dana sebagai bentuk sumbangsih terhadap proses pendidikan
(3) Informasi pekerjaan, memberikan informasi tentang pekerjaan-pekerjaan yang dapat dipilih oleh para dokter baru
(4) Membangun jejaring, dengan menggunakan media komunikasi seperti handphone, BBM, milis, jejaring sosial Facebook

FK UNAIR memiliki himpunan alumni yang secara resmi didirikan pada 25 Februari 2011 berdasarkan kepada surat keputusan Dekan FK UNAIR nomor 44/h3.1.1/KD/2011 tentang Ikatan Alumni FK UNAIR. Gedung koordinasi alumni menempati Ruang Unit Bersama A.159 (UPPM) Kampus A UNAIR. Tercatat data lebih kurang 8150 orang lulusan FK UNAIR mulai bulan Nopember 1951 sampai dengan Februari 2011.