Capaian Lulusan

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

A. PENGETAHUAN

I. Dalam melakukan praktik kedokteran, seorang dokter melakukan pin dibawah ini untuk dapat memberikan pelayanan dengan kualitas yang baik :

  1. Menerapkan prinsip-prinsip ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu Kedokteran Klinik, dan ilmu Kesehatan Masyarakat/ Kedokteran Pencegahan / Kedokteran Komunitas yang berhubungan dengan promosi kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat.
  2. Menerapkan prinsip-prinsip ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu Kedokteran Klinik, dan ilmu Kesehatan Masyarakat/ Kedokteran Pencegahan / Kedokteran Komunitas yang berhubungan dengan prevensi masalah kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat.
  3. Menerapkan prinsip-prinsip ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu Kedokteran Klinik, dan ilmu Kesehatan Masyarakat/ Kedokteran Pencegahan / Kedokteran Komunitas untuk menentukan prioritas masalah kesehatan pada individu, keluarga, dan masyarakat.
  4. Menerapkan prinsip-prinsip ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu Kedokteran Klinik, dan ilmu Kesehatan Masyarakat/ Kedokteran Pencegahan / Kedokteran Komunitas yang berhubungan dengan terjadinya masalah kesehatan pada individu, keluarga, dan masyarakat.
  5. Menggunakan data klinik dan pemeriksaan penunjang yang rasional untuk menegakkan diagnosis.
  6. Menggunakan alasan ilmiah dalam menentukan penatalaksanaan masalah berdasarkan etiologi, patogenesis, dan patofisiologi.
  7. Menentukan prognosis penyakit melalui pemahaman prinsip-prinsip ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu Kedokteran Klinik, dan ilmu Kesehatan Masyarakat/ Kedokteran Pencegahan / Kedokteran Komunitas.
  8. Menerapkan prinsip-prinsip ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu Kedokteran Klinik, dan ilmu Kesehatan Masyarakat/ Kedokteran Pencegahan / Kedokteran Komunitas yang berhubungan dengan rehabilitasi medic dan sosial pada individu, keluarga, dan masyarakat.
  9. Menerapkan prinsip-prinsip ilmu Biomedik, ilmu Humaniora, ilmu Kedokteran Klinik, dan ilmu Kesehatan Masyarakat/ Kedokteran Pencegahan / Kedokteran Komunitas yang berhubungan dengan kepentingan hukum dan peradilan.
  10. Mempertimbangkan kemampuan dan kemauan pasien, bukti ilmiah kedokteran, dan keterbatasan sumber daya dalam pelayanan kesehatan untuk mengambil keputusan.

II. Dalam mengelola masalah kesehatan, seorang dokter melakukan kegiatan tersebut dibawah ini dengan baik :

  1. Mengelola sumber daya secara efektif, efisien dan berkesinambungan dalam penyelesaian masalah kesehatan.
  2. Mengakses dan menganalisis serta menerapkan kebijakan kesehatan spesifik yang merupakan prioritas daerah masing-masing di Indonesia.

 

B. Keterampilan Khusus

I. Dalam setiap praktik kedokteran, setiap dokter dapat menunjukkan tindakan dibawah ini yang sesuai dengan nilai yang dianut secara luas :

  1. Berke-Tuhan-an (Yang Maha Esa/Yang Maha Kuasa)
  2. Bermoral, beretika, dan berdisplin
  3. Sadar dan taat hukum
  4. Berwawasan sosial budaya
  5. Berperilaku professional

II. Dalam setiap praktik kedokteran, setiap dokter dapat menunjukkan tindakan dibawah ini yang sesuai kaidah keilmuan :

  1. Menerapkan mawas diri
  2. Mempraktikkan belajar sepanjang hayat
  3. Mengembangkan pengetahuan baru

III. Dalam melakukan praktik kedokteran, sesuai dengan kaidah komunikasi, seorang dokter mampu melakukan :

  1. Berkomunikasi dengan psien dan keluarganya
  2. Berkomunikasi dengan mitra kerja (sejawat dan profesi lain)
  3. Berkomunikasi dengan masyarakat

IV. Dalam melakukan praktik kedokteran, dokter dapat melakukan serangkaian tindakan dibawah ini untuk meningkatkan derajat kesehatan :

  1. Mengakses dan menilai informasi dan pengetahuan
  2. Mendiseminasikan informasi dan pengetahuan secara efektif kepada profesi kesehatan lain, pasien, masyarakat dan pihak terkait untuk peningkatan mutu pelayanan kesehatan

V. Dalam mengelola masalah kesehatan, seorang dokter melakukan kegiatan tersebut dibawah ini dengan baik :

  1. Melaksanakan promosi kesehatan pada individu, keluarga dan masyarakat
  2. Melaksanakan pencegahan dan deteksi dini terjadinya masalah kesehatan pada individu, keluarga, dan masyarakat
  3. Melakukan penatalaksanaan masalah kesehatan individu, keluarga dan masyarakat
  4. Memberdayakan dan berkolaborasi dengan masyarakat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan
  5. Mengelola sumber daya secara efektif, efisien dan berkesinambungan dalam penyelesaian masalah kesehatan
  6. Mengakses dan menganalisis serta menerapkan kebijakan kesehatan spesifik yang merupakan prioritas daerah masing-masing di Indonesia.

VI. Seorang dokter dalam melaksanakan praktik kedokteran, melakukan keterampilan klinis dengan baik pada saat :

  1. Melakukan prosedur diagnosis
  2. Melakukan prosedur penatalaksanaan masalah kesehatan secara holistic dan komprehensif

VII. Dokter lulusan Universitas Airlangga memiliki tambahan kemampuan sebagai berikut dengan baik dan diterapkan dalam praktik kedokteran :

  1. Melakukan pengelolaan penyakit tropis infeksi maupun non infeksi dengan pendekatan genetik, perilaku, sosial-budaya, disamping faktor inang, agen, dan lingkungan
  2. Melakukan pertolongan pertama pada kondisi kegawatdaruratan dan merencanakan penanganan musibah secara terpadu
  3. Menerapkan alur piker ilmiah penelitian menggunakan berbagai konsep dengan pendekatan Kedokteran Dasar, Klinik maupun Masyarakat