Pengabdian

KATALIS

“Aksi Hebat Lingkungan Sehat"

Kesehatan lingkungan merupakan faktor penting dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, bahkan merupakan salah satu unsur penentu atau determinan dalam kesejahteraan penduduk. Lingkungan yang sehat sangat di butuhkan bukan hanya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, tetapi juga untuk kenyamanan hidup,meningkatkan efisiensi kerja, dan belajar.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lingkungan yang sehat dapat menunjang kesejahteraan masyarakat. Sehingga dengan adanya kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan dapat menyejahterakan kesehatan dan kehidupan masyarakat yang menerapkannya.

Sebagai Mahasiswa Baru, khususnya calon tenaga medis, kami cukup prihatin dengan keadaan tersebut,dengan keadaan masyarakat yang tidak peduli akan betapa pentingnya lingkungan yang sehat. Oleh karena itu, kami, mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga angkatan 2016, tergugah dan peduli akan keadaan yang telah dijelaskan di paragraf-paragraf sebelumnya dengan mengadakan kegiatan Bakti Mahasiswa Baru 2016 yang kami namakan “KATALIS” (aksi hebat lingkugan sehat). Kegiatan Bakti Mahasiswa Baru merupakan salah satu program kerja BEM KM FK UNAIR yang bergerak di bidang sosial yang diamanahkan kepada Mahasiswa Baru setiap tahunnya sebagai persyaratan kelulusan di masa pembinaan mahasiswa baru. Selain sebagai program wajib, melalui kegiatan ini kami dituntut untuk dapat mengenal dan lebih dekat dengan masyarakat. Sehingga kelak akan memudahkan kami berinteraksi dengan masyarakat dalam pelaksanaan profesi kami nantinya.

Pada Bakti Mahasiswa Baru 2016 ini, KATALIS akan melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat kelurahan. Dalam kegiatan ini, kami akan memberikan pembinaan mengenai betapa pentingnya menjaga kesehatan lingkungan dan manfaatnya dalam jangka panjang.

Diharapkan program ini dapat membantu dalam memberikan edukasi kepada masyarakat luas. Dengan memberikan pengetahuan kepada masyarakat kelurahan tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan ligkungan untuk kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini diharapkan juga dapat mempererat hubungan kekeluargaan antara civitas akademika FK UNAIR dan sebagai jawaban untuk mahasiswa FK UNAIR atas solusi problema kehidupan masyarakat yang ada di Indonesia. Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut serta dalam menyukseskan acara ini. Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat Indonesia!

Kegiatan Bakti Mahasiswa Baru 2016 ini akan diadakan di tempat yang berbeda-beda, yaitu pada:

a. Grand Opening
hari, tanggal : Minggu, 25 Oktober 2016;
pukul : 05.00 – 09.00 WIB;
tempat : Taman Mundu, Jl. Juwet, Tambaksari,Kota Surabaya, Jawa Timur

b. Solialisasi lingkungan sehat
hari, tanggal : Sabtu, 1, 15, 22, 29 Oktober 2016;
pukul : 07.00 – 09.55 WIB;
tempat : SD Airlangga 3, SD Gubeng 3, dan SD Pacar Kembang 4;

c. Sosialisasi Penyuluhan dan pengaplikasian lingkungan sehat

hari, tanggal : Minggu, 2, 16, 23 Oktober 2016;
pukul : 07.00 – 09.25 WIB;
tempat : Kampung Suterejo, Surabaya;

d. Closing
hari, tanggal : Sabtu, 13 November 2016;
pukul : 06.00 – 11.45 WIB;
tempat : aula Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga

BAKSOS FK UNAIR

Bakti Sosial AMYGDALA Angkatan 2014

Bakti Sosial FK UNAIR merupakan salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Konsep bakti sosial FK UNAIR adalah Village Concept Project(VCP) atau biasa disebut desa binaan. Desa tersebut akan dibina dengan berbagai kegiatan penunjang selama jangka waktu yang telah disepakati dan dievaluasi / follow up oleh panitia bakti sosial FK UNAIR. Hal ini bertujuan untuk mencapai target yang telah dibuat, terutama dibidang kesehatan.

PEDIATRICS

Bakti MABA AMYGDALA Angkatan 2014

Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah panti asuhan terbanyak di seluruh dunia. Jumlah panti asuhan di seluruh Indonesia diperkirakan antara 5.000 s.d. 8.000 yang didalamnya mengasuh sampai setengah juta anak.. Pemerintah Indonesia sendiri hanya memiliki dan menganggarkan sedikit dana untuk panti asuhan yang ada. Lebih dari 90% panti asuhan diselenggarakan oleh masyarakat terutama organisasi keagamaan.
Kurangnya peran pemerintah dalam membina pengasuhan di panti asuhan ini menimbulkan berbagai dampak negatif, misalnya munculnya panti asuhan yang memiliki pengasuhan di bawah standar sehingga berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak yang kurang optimal.

Sebagai Mahasiswa Baru, khususnya calon tenaga medis, kami cukup prihatin dengan keadaan tersebut. Oleh karena itu, kami, mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga angkatan 2014, tergugah dan peduli akan keadaan yang telah dijelaskan di paragraf-paragraf sebelumnya dengan mengadakan kegiatan Bakti Mahasiswa Baru 2014 yang kami namakan “PEDIATRICS” ( Peduli Anak Tumbuh Riang Cemerlang dan Sehat ). Kegiatan Bakti Mahasiswa Baru merupakan salah satu program kerja BEM KM FK UNAIR yang bergerak di bidang sosial yang diamanahkan kepada Mahasiswa Baru setiap tahunnya sebagai persyaratan kelulusan di masa pembinaan mahasiswa baru. Selain sebagai program wajib, melalui kegiatan ini kami dituntut untuk dapat mengenal dan lebih dekat dengan masyarakat. Sehingga kelak akan memudahkan kami berinteraksi dengan masyarakat dalam pelaksanaan profesi kami nantinya.
Pada Bakti Maba 2014 ini, PEDIATRICS akan melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada anak-anak panti asuhan dari 5 panti asuhan yang telah kami tentukan. Dalam kegiatan ini, kami akan memberikan pembinaan mengenai kemampuan berbahasa inggris, Attitude, Nasionalisme dan pola hidup bersih dan sehat kepada anak-anak.
Diharapkan program ini dapat membantu dalam memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya anak-anak di panti asuhan mengenai pola perilaku yang bersih dan sehat serta menumbuhkan jiwa leadership di dalam diri mereka. Dengan memberikan pengetahuan kepada anak-anak di Panti Asuhan berarti turut memperbaiki kualitas sumber daya manusia, meningkatkan indeks perkembangan manusia, serta meningkatkan kesejahteraan Indonesia. Semakin tinggi kualitas sumber daya manusia dan kesejahteraan maka kualitas hidup seseorang pun akan meningkat.
Kegiatan ini diharapkan juga dapat mempererat hubungan kekeluargaan antara civitas akademika FK UNAIR dan sebagai jawaban untuk mahasiswa FK UNAIR atas solusi problema kehidupan masyarakat yang ada di Indonesia. Kami mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut serta dalam mensukseskan acara ini. Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat Indonesia!