Sarana Umum

Manajemen Sarana dan Prasarana Gedung / Bangunan
Prasarana FK UNAIR berlokasi di Kampus A Unair Jl. Prof Moestopo 47 Surabaya dengan luas lahan/tanah 52.213 m2 berdasarkan sertifikat no. B 8704885 Kantor Agraria Surabaya dan luas bangunan 46.683,93 m2. Lahan dan bangunan tersebut adalah milik sendiri. Semua sarana/ perabot/ peralatan yang didalamnya juga milik sendiri (milik institusi). Sedangkan prasarana (lahan dan bangunan) yang berada di jejaring rumah sakit pendidikan merupakan milik pihak lain seperti RSU Dokter Soetomo (milik Pemerintah Daerah Tk. I Jawa Timur), beserta RS Pendidikan Universitas Airlangga – Kampus C dan RS Tropik Infeksi Universitas Airlangga – Kampus C (milik Universitas Airlangga).

Seluruh sarana, prasarana, perabotan dan peralatan kegiatan pendidikan, administrasi dan manajemen merupakan milik sendiri. Sedangkan seluruh perabotan dan peralatan kegiatan akademik juga merupakan milik sendiri dan didukung oleh prasarana dan sarana di jejaring rumah sakit pendidikan yang merupakan milik pihak lain seperti RSU Dokter Soetomo. Sarana akademik yang dimiliki FK UNAIR telah memenuhi standar pendidikan dokter (KKI, 2006: Standar Pendidikan Profesi Dokter) baik dalam hal kecukupan, kualitas, dan kesesuaiannya. Prasarana dan Sarana ruang Akademik yang terdiri atas ruang kuliah/ diskusi/ tutorial, laboratorium pendidikan laboratorium penelitian, ruang baca, ruang dosen, Fakultas Kedokteran telah cukup menenuhi standar pendidikan dokter dengan luas total sarana tersebut 33.139m2, dengan rincian luas ruang kuliah / ruang tutorial/diskusi (6.629,45 m2+1571,30 m2) disebabkan ruang diskusi/pertemuan yang dapat alih difungsikan sebagai ruang kuliah yakni seluas (1571,30m2), luas ruang laboratorium pendidikan-laboratorium penelitian (5.483,33m2), luas ruang baca (722,89m2), dan luas ruang dosen (2.970,12m2). Luas ruang kuliah/diskusi/tutorial adalah 8.200,75 m2 untuk 1345 mahasiswa S1 Dokter, dengan ratio 6,1 m2/mahasiswa.
Luas ruang dosen adalah 2.970,12m2 untuk 298 dosen tetap Departemen yang berkantor di FK UNAIR dan berarti 9,97 m2/dosen. Angka ini telah melebihi standar yaitu 3.23 m2/dosen (KKI, 2006: Standar Pendidikan Profesi Dokter). Prasarana dan Sarana ruang dosen Fakultas Kedokteran telah cukup menenuhi standar pendidikan dokter, ruang dosen ini ditunjang dengan fasilitas penunjang (komputer, akses internet, AC, lemari buku, rak buku, meja, dan kursi).

Manajemen Ruang Baca
Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dilengkapi dengan sarana Perpustakaan Kampus A, Ruang Baca Departemen, dan akses koleksi digital melalui intranet / internet website dan jaringan JEMARI FK UNAIR di lingkungan FK UNAIR. Luas Ruang Baca Departemen Preklinik & Klinik 777,72m2.. Ruang baca merupakan pendukung Perpustakaan Unair Kampus A. Perpustakaan Unair Kampus A dengan luas area 4046 m2 merupakan Pusat Pelayanan Disiplin Ilmu (Pusyandi) Kedokteran & Kesehatan di tingkat nasional yang ditunjuk oleh Ditjen Pendidikan Tinggi Depdikbud yang koleksinya memang diprioritaskan pada bidang ilmu kedokteran dan kesehatan. Sehingga luas keseluruhan perpustakaan pendukung pendidikan kedokteran menjadi 4823,72m2, sehingga rasio luas perpustakaan pendukung pendidikan kedokteran di FK UNAIR dibandingkan dengan jumlah mahasiswa adalah 3,6 m2/mahasiswa S1 Dokter.

Keberadaan Perpustakaan Airlangga khususnya kampus A sangat menunjang sistem pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga dengan memiliki tipe dan jumlah koleksi buku yang sangat relevan dan mendukung proses pembelajaran. Perangkat dan peralatan perpustakaan dilengkapi dengan : lampu, AC, rak buku, meja kursi, komputer, trolley, lemari buku dan rak file. Tersedia 320 tempat / kursi dan sekitar 300 tempat / kursi portable, total 23.896 eksemplar dengan 13919 judul, dilengkapi dengan sarana audio visual berkapasitas 10 seats, serta 2 ruang studi grup.Penerangan, ventilasi dan temperatur diatur sehingga pengunjung nyaman. Disamping katalog manual, perpustakaan dilengkapi dengan katalog digital yang dapat diakses seluruh terminal di lingkungan FK UNAIR berkaitan dengan koleksi hardcopy dan koleksi digital unair dan provider jurnal internasional.Dalam Perpustakaan kampus A Unair terdapat laboratorium komputer dengan kapasitas 54 unit PC terkoneksi internet yang dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika FK UNAIR (pelatihan, ujian online, praktikum perkuliahan, workshop berbasis komputasi). Jam operasional 69 jam / minggu dan layanan area WiFi 133 jam / minggu. Perpustakaan kampus A dilengkapi dengan 20 PC unit (terdiri atas 3 PC unit journal access, 3 PC unit research access, 4 PC unit portal access). Keberadaan area WiFi ini ditunjang pula oleh keberadaan JEMARI WiFi 24 jam x 7 hari dari 5 titik hotspot bagi S1 – D3 dan seluruh akses hotspot lain bagi dosen, mahasiswa S3, PPDS, dan S2 beserta karyawan.

Selain Perpustakaan Airlangga sebagai Ketua forum kerjasama FKP2TN (Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri), Perpustakaan Unair juga menjalin kerjasama dengan sistem perpustakaan universitas lain melalui sistem resources sharing dan silang layanan (cross services) seperti :  
– FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia)
– Dikti Portal (http://garuda.dikti.co.id)
– Kerjasama bilateral dengan Perpun Perpun Malaysia
– Pusyandi (Pusat Layanan Disiplin Ilmu)Kedokteran dan Kesehatan di Indonesia Timur
– LIPI (USJD)
– Anggota komite dan kerjasama antar Perpustakaan Universitas Kedokteran dalam information resource sharing utamanya sumber pustaka e-jurnal.

Gedung BSL-3 UNAIR

Caption For the Image

Gedung IRD Soetomo

Caption For the Image

GRAHA BIK IPTEK DOK

Caption For the Image

GBPT Soetomo

Caption For the Image

Ruang CBT Center FK UNAIR

Caption For the Image

MEDICAL CAFE

Caption For the Image

RUANG PASCASARJANA (S3)

Caption For the Image

MUSEUM KEDOKTERAN

Caption For the Image

SARANA PRASARANA

Caption For the Image

FASILITAS MAHASISWA KAMPUS C

Caption For the Image

GAZEBO (SARANA MAHASISWA)

Caption For the Image

RUANG BACA

Caption For the Image

PERPUSTAKAAN

Caption For the Image

RUANG KULIAH

Caption For the Image

MEDICAL EDUCATION CENTER (AMEC)

Caption For the Image